Informasi Buku

Judul Buku:Digital Bisnis
Pengarang:Murdan Sianturi, M.Kom
ISBN:978-623-96930-8-4
Tahun Terbit:2024
Jumlah Halaman:100
Harga:
Stok:10
Download
Deskripsi:
Membangun Digital Bisnis yang pertama yang dilakukan adalah membangun IoT, lalu cloud computing, setelah itu analisis big data, kemudian membangun AI, ini akan melahirkan Digital Bisnis yang sebenarnya.

Sinopsis:
Buku ini juga mengajarkan dasar dasar bisnis digital yang perlu dikuasai mahasiswa, seperti Era Industri 4.0, pertumbuhan ekosistim bisnis digital, elemen teknologi, aplikasi, tantangan dan peluang bisnis digital kedepan. strategi pengembangan berbasis digital, pemasaran digital, hingga mengenal lebih dekat bisnis e-commerce.

Jadi ada 4 hal utama yang berkontribusi pada pengembangan dan pertumbuhan bisnis digital.

1. IoT (Internet of Things):
IoT menghubungkan perangkat dan objek fisik ke internet, memungkinkan mereka untuk mengumpulkan, mengirim, dan menerima data. Ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang operasional mereka, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan model bisnis baru.

2. Cloud Computing: Cloud computing memungkinkan perusahaan untuk menyimpan dan mengelola data serta menjalankan aplikasi di server yang dikelola oleh penyedia layanan, bukan di perangkat lokal. Ini memberikan skalabilitas, fleksibilitas, dan efisiensi biaya, memudahkan perusahaan untuk mengakses sumber daya teknologi sesuai kebutuhan.

3. Analisis Big Data: Big Data merujuk pada analisis data dalam jumlah besar dan kompleks yang tidak dapat dikelola dengan alat tradisional. Analisis big data membantu perusahaan dalam mengambil keputusan berbasis data yang lebih baik, memahami tren, dan mengidentifikasi peluang pasar.

4. AI (Artificial Intelligence): AI memungkinkan sistem untuk melakukan tugas-tugas yang sebelumnya memerlukan kecerdasan manusia, seperti pengolahan bahasa alami, pengenalan pola, dan pembelajaran mesin. AI dapat meningkatkan automasi, efisiensi, dan pengalaman pengguna, serta membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih cerdas.

Tujuan Bisnis Digital, agar perusahaan untuk beroperasi lebih efisien. Seperti memahami pelanggan dengan lebih baik, beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan pasar yang terus berkembang.